Asus Siap Hadirkan Perangkat Laptop 2-In-1 Berbasis Chrome OS Pertama Di Dunia

Muncul sebuah kabar yang cukup mengejutkan dari salah satu perusahaan Teknologi terbesar dunia, kabar ini muncul dari perusahaan asal Taiwan yaitu ASUS. Baru- baru ini muncul sebuah kabar yang mengungkapkan jika Asus kini tengah mempersiapkan sebuah perangkat Laptop berbasis Chrome OS yang diberi nama Asus Chromebook Flip.

Perangkat laptop Asus ini dikatakan akan hadir dengan layar yang dapat di putar hingga 360 derajat, atau sering juga disebut perangkat 2-in-1. Dengan perangkat ini para pengguna dapat menggunakan perangkat ini sebagai Laptop dan Tablet.

Inovasi ini tentu menambah warna baru di segmen perangkat Chromebook, karena jika benar berarti perangkat Asus Chromebook Flip merupakan perangkat 2-in1 pertama di jajaran perangkat berbasis Chrome OS, mengingat perangkat Chromebook lainnya hanya berupa perangkat Laptop saja.

Hadir dengan mengusung layar berukuran 10.1 inci beresolusi 1280 x 800 piksel dengan panel IPS dan teknologi layar sentuh tentunya. Perangkat Chromebook Flip ini juga diperkuat dengan SoC (System on Chip) Rockchip RK3288 yang mempunyai empat core di dalam prosesornya. Penggunaan Soc ini dikatakan mampu memberikan tenaga yang cukup baik untuk penggunaan harian.

Canggihnya System On Chip

Selain itu SoC ini pun tidak akan dilengkapi dengan fan melainkan akan menggunakan pendingin pasif, sehingga peangkat ini mempunyai bentuk yang lebih tipis dibandingkan perangkat Chromebook lainnya yaitu dengan tingkat ketipisan hanya 15 mm saja.

Sumber gambar : Wikipedia

Untuk semakin memperkuat performa dari perangkat ini Asus juga menyediakan pilihan penggunaan RAM antara 2 GB dan 4 GB yang akan dipadukan dengan kapasitas penyimapanan sebesar 16 GB. Selain itu perangkat ini juga dilengkapi dengan module WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0.

Untuk dapat menunjang segala aktivitas pengguna dengan perangkat ini Asus pun menyematkan baterai yang dapat bertahan hingga 10 jam untuk pemakaian normal. Untuk harga Laptop berbasis Chrome OS ini nantinya dipasaran adalah sekitar USD 250 untuk pasar di luar Indonesia, namun belum ada kabar lebih lanjut mengenai kapan perangkat ini resmi meluncur ke pasar dunia.

System On Chip Juga Ada Pada Smartphone

SoC selain diterapkan pada laptop ternyata juga diterapkan pada smartphone,  seperti yang ktia ketahui , cukup banyak prosesor pada smartphone yang dikenal dengan berbagai merek dan tipenya.

Contohnya bisa kita lihat pada smatphone-smartphone keluatan teranyar seperti Qualcomm dengan Snapdragon, Samsung dengan Exynos, Nvidia dengan Tegra, atau Mediatek dengan seri MT, semuanya adalah chip prosesor dengan SoC atau System on Chip.

Pengguna OS Chrome Di Indonesia

Laptop Asus berbasis chrome diatas tentunya akan menjadi produk andalan Asus untuk menembus market segment laptop berbasiskan chrome yang dipadu dengan SoC nya , seharusnya akan mampu menembus pasar dengan potensi yang cukup besar.

Namun untuk di Indonesia sendiri, laptop berbasiskan sistem operasi Chrome belum begitu meningkat popularitasnya, mungkin karena konsumen disini hanya familiar dengan sistem operasi laptop berbasiskan windows dan mac.

Sumber gambar : Hekel-sesat

Apabila kita lihat data pengguna di seluruh dunia, pengguna windows sendiri masih terlihat mendominasi di 84% dari pengguna komputer seluruh dunia. Sedangkan Mac hanya dikisaran 15% saja. 

Apakah gebrakan asus akan diikuti oleh brand laptop ternama lainnya ? dan kapan akan segera masuk ke Indonesia ? kita tunggu saja ... semoga secepatnya.





, , , , ,